...

happycall_id

happycall_id

Gratis ongkir hingga 20K dengan minimal pembelian 500K

Gratis ongkir hingga 20K dengan minimal pembelian 500K

Blog

Beranda » Blog » 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Teflon Mengelupas

5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Teflon Mengelupas

hal-yang-harus-dilakukan-jika-teflon-atau-wajan-mengelupas

Memasak dengan wajan teflon merupakan salah satu pilihan favorit Moms di rumah karena praktis dan nyaman. Lapisan anti lengketnya membuat proses memasak lebih mudah dan minim resiko gosong. Namun, seiring waktu, wajan teflon dapat mengalami kerusakan, salah satunya adalah lapisan teflon yang mengelupas. Hal ini tentu meresahkan dan harus segera ditangani dengan baik. Artikel ini akan membahas 5 hal yang harus dilakukan jika teflon mengelupas serta cara merawat wajan teflon agar awet.

Penyebab Lapisan Teflon dan Wajan Mengelupas

Pernah merasa bingung kenapa tiba-tiba teflon atau wajan di rumah mengelupas? Ini beberapa penyebab umum lapisan teflon dan wajan mengelupas.

  • Penggunaan Spatula Logam: Menggunakan spatula atau alat memasak yang berbahan keras dapat merusak lapisan teflon, contohnya penggunaan spatula logam dapat menggores permukaan teflon dan menyebabkan lapisan teflon terkelupas.
  • Menggunakan Suhu yang Terlalu Tinggi: Memanaskan wajan teflon dengan suhu terlalu tinggi dalam waktu lama dapat merusak lapisan teflon.
  • Mencuci Teflon dengan Alat yang Kasar: Penggunaan alat pembersih kasar seperti sabut baja dapat menggores dan mengelupas lapisan teflon.
  • Usia Waktu Penggunaan Teflon: Seiring waktu, lapisan teflon pada wajan akan semakin tipis dan eventually mengelupas.

5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Lapisan Teflon Mengelupas

Jika kamu mendapati lapisan teflon mengelupas, berikut 5 hal yang harus dilakukan:

  1. Segera Hentikan Penggunaan: Hentikan penggunaan wajan teflon yang lapisannya sudah mengelupas. Memasak dengan wajan yang rusak dapat membahayakan kesehatan.
  2. Periksa Tingkat Kerusakan: Perhatikan tingkat keparahan kerusakan. Jika hanya terdapat goresan kecil, kamu mungkin masih bisa menggunakan wajan dengan hati-hati. Namun, jika kerusakan sudah parah dan banyak bagian teflon yang mengelupas, sebaiknya buang wajan tersebut.
  3. Jangan Gunakan Wajan & Buang Wajan yang Rusak: Jangan menggunakan wajan yang memiliki lapisan teflon yang mengelupas untuk memasak makanan, jika kamu memutuskan untuk membuang wajan, pastikan kamu mendaur ulangnya dengan benar.
  4. Pilih Wajan Baru untuk Memastikan Keamanan Masakan: Saat membeli wajan baru, pilihlah wajan dengan lapisan teflon berkualitas tinggi dan bebas PFOA (Perfluorooctanoic Acid) yang berbahaya bagi kesehatan.
  5. Merawat Wajan dengan Benar: Pelajari dan praktekkan cara merawat wajan teflon dengan benar agar awet dan tahan lama.

Bahaya yang Ditimbulkan Jika Teflon yang Terkelupas Tidak Segera Ditangani

apakah alat masak yang tergores dan mengelupas berbahaya? Iya, teflon yang tergores bisa menjadi bahaya karena dapat meningkatkan risiko zat kimia PFOA dan PFAS terlepas ke dalam makanan saat digunakan untuk memasak. Perlu diketahui bahwa teflon yang terkelupas dapat membahayakan kesehatan, antara lain:

  • Konsumsi Mikroplastik: Potongan kecil teflon yang terkelupas dapat tercampur dengan makanan dan tertelan. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi mikroplastik yang berbahaya bagi kesehatan pencernaan dan organ tubuh lainnya.
  • Pelepasan Zat Berbahaya: Pada beberapa jenis wajan teflon, pemanasan berlebihan dapat menyebabkan pelepasan zat perfluorooctanoic acid (PFOA) yang bersifat karsinogenik dan berbahaya bagi kesehatan. Rekomendasi wajan bebas PFOA.

Segera ganti teflon yang sudah mengelupas dan beralihlah ke alat masak yang aman untuk kesehatan.

Baca Juga: Cara Merawat Teflon Agar Tidak Lengket dan Tahan Lama, Cek Disini 

Cara Merawat Teflon agar Tidak Mudah Mengelupas

  • Gunakan Spatula Silikon: Selalu gunakan spatula silikon saat memasak dengan wajan teflon. Hindari penggunaan spatula logam yang dapat menggores permukaan teflon.
  • Panaskan Wajan dengan Api Sedang: Panaskan wajan dengan api sedang sebelum digunakan untuk memasak. Hindari memanaskan wajan dengan api besar dalam waktu lama.
  • Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Minyak: Gunakan sedikit minyak goreng saat memasak untuk membantu proses memasak dan melindungi lapisan teflon.
  • Bersihkan Wajan dengan Benar: Setelah digunakan, cuci wajan dengan air sabun dan spons lembut. Hindari penggunaan sabun cuci piring yang keras dan sabut baja.
  • Simpan Wajan dengan Benar: Simpan wajan teflon dengan hati-hati untuk menghindari goresan. Sebaiknya simpan wajan secara terpisah dari peralatan masak lainnya.

Untuk pengalaman memasak yang lebih baik dan memastikan keamanan masak, pilihlah alat masak yang terbuat dari material berkualitas dan bebas PFOA seperti Happycall Double Pan. 

Happycall Double Pan dilengkapi dengan teknologi lapisan titanium yang tahan lama dan anti lengket, Happycall Double Pan adalah pilihan yang bagus untuk memasak yang lebih aman dan nyaman. Dapatkan Happycall Double Pan sekarang juga dan nikmati pengalaman memasak yang lebih baik!

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan wajan yang tepat seperti Happycall Double Pan, kamu dapat memastikan bahwa teflonmu akan tetap terjaga dan makanan yang kamu masak akan selalu sehat dan lezat. Yuk, coba sekarang!

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping cart
Shop
Wishlist
0 items Cart
My account
Open chat
Halo kak, terima kasih atas kunjungannya, ada yang bisa mimin bantu kak?
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.